Analisa Jurnal
Judul Jurnal
: Perancangan Configuration Management Database Perusahaan Untuk
Meningkatan Kinerja Layanan Teknologi Informasi.
Jenis Jurnal :
Jurnal Lokal
Kesimpulan
Dalam jurnal ini, analisa yang mungkin bisa saya
lakukan untuk mendapatkan informasi adalah seperti berikut:
Dengan meningkatnya jumlah kebutuhan layanan
organisasi, peran Teknologi Informasi (TI) dalam organisasi saat ini telah
mengalami peluasan,pada awalnya TI hanya berfokus pada otomatisasi
data,pengolahan data atau manipulasi data,sekarang sudah bergeser pada fungsi
perencanaan strategis dan layanan. Saat ini sudah banyak dilakukan oleh
berbagai jenis organisasi,baik profit ataupun non profit. Salah satu kerangka
kerja disiplin TI dalam hal fungsi layanan TI adalah Information
Technology Infrastructure Library (ITIL) dan di sini disebutkan bahwa ITIL
adalah kerangka kerja best practices yang dapat digunakan untuk membantu
organisasi dalam mengembangkan proses Information Technology Service
Management (ITSM). Dan dalam jurnal ini (ITSM) dijelaskan seperti berikut:
Information Technology Service Management (ITSM)
adalah pendekatan organisasi Teknologi Informasi (TI) yang digunakan untuk
merancang, membangun, mengintegrasikan,mengatur dan menyusun layanan TI yang
berkualitas, dalam ITSM pengelolaan TI memilki basis filosofi pada cara pandang
customer terhadap kontribusi TI dalam bisnis, serta untuk efektifitas dan
efisiensi biaya dalam hal penyedia layanan TI.
Selain itu, ITSM juga memberikan beberapa keuntungan
diantaranya yaitu :
·
ITSM
dapat membantu dalam meningkatkan kualitas pelayanan di perusahaan dengan
meningkatkan integrasi dengan IT
·
ITSM
menjadi solusi bagi perusahaan yang telah dapat menyediakan produk yang baik
namun ingin meningkatkan nilai jualnya kepada customer atau pelanggan.
·
ITSM
memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk dapat melakukan
antisipasi terhadap kebutuhan pelanggan dan menyajikan layanan yang
terbaik bagi para pelanggan.
Sedikit usulan serta masukan yang mungkin bisa saya
berikan yaitu, organisasi atau perusahaan mungkin bisa lebih menyadari
pentingnya pengelolaan layanan yang diberikan kepada pelanggan ataupun seluruh
stakeholder agar dapat mendukung tercapainya tujuan dari organisasi itu
sendiri. Hal ini dapat diwujudkan mengingat ITSM masih dapat dikembangkan
sehingga dapat lebih mudah untuk diimplementasi ke dalam perusahaan.
Kelompok :
•
Erwin
Kardinto (1B1177056)
•
Maulina
Nurmalaningsih (1B117054)
•
Ni
Ketut Deska F (1B117052)
•
Riechky
Triesna S (1B117055)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar