- Menurut Mary Parker F
Manajemen adalah suatu seni, tiap-tiap pekerjaan bisa diselesaikan
dengan orang lain.
- Menurut George R. Terry
Manajemen ialah wadah didalam ilmu pengetahuan,
sehingga manajemen bisa dibuktikan secara umum kebenarannya.
- Menurut Stoner
Manajemen merupakan proses dalam membuat suatu
perencanaan, pengorganisasian, pengendalian serta memimpin berbagai usaha dari
anggota entitas/organisasi dan juga mempergunakan semua sumber daya yang
dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.
Pengertian
Layanan Menurut Para Ahli
- Menurut Muchtar A.F
Layanan adalah suatu sikap yang
dapat mengakibatkan rasa puas atau tidak puas yang dialami konsumen pada saat
terjadinya proses tindakan.
- Menurut A.B. Susanto & Himawan Wijanarko
Layanan merupakan pengantar bagi
aliran nilai tambah yang akan disampaikan kepada pelanggan, sampai nilai tambah
itu dapat memenuhi kebutuhan atau harapan konsumen.
- Menurut Eko Suhartanto
Layanan merupakan visualisasi dan
perwujudan dari peluang yang memungkinkan apa yang kita rasakan sebagai peluang
bisa turut dinimati orang lain.
- Menurut Hermawan Kertajaya
Layanan adalah sesuatu yang tidak gampang
karena tiap pelanggan memiliki persepsi sendiri-sendiri mengenai nilai
berdasarkan nilai-nilai (values) yang mereka anut serta kebutuhan mereka
sendiri.
- Menurut Waluyo, Suwardi, Agung Feryanto, Tri Haryanto
Layanan merupakan kegiatan yang
dapat dijual kepada orang lain (konsumen) yang menggunakan atau menikmatinya.
Pengertian Sistem Informasi Menurut
Para Ahli
- Menurut Lani Sidharta (1995: 11)
Sebuah sistem
informasi adalah sistem buatan manusia yang berisi himpunan terintegrasi
dari komponen–komponen manual dan komponen–komponen terkomputerisasi yang
bertujuan untuk mengumpulkan data, memproses data, dan menghasilkan informasi
untuk pemakai.
- Menurut O’Brien 2005, 5
Sistem informasi
adalah suatu kombinasi terartur apapun dari people
(orang), hardware (perangkat keras), software (piranti lunak), computer
networks and data communications (jaringan komunikasi), dan database (basis
data) yang mengumpulkan, mengubah dan menyebarkan informasi di dalam suatu
bentuk organisasi.
- Menurut Mc Leod
Sistem Informasi merupakan sistem
yang mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan
menggunakan berbagai media untuk menampilkan informasi.
- Menurut Rommey (1997: 16)
Sistem informasi yang
diselenggarakan cara untuk mengumpulkan, memasukkan, mengolah, dan menyimpan
data dan terorganisir cara untuk menyimpan, mengelola, mengendalikan dan
melaporkan informasi dengan cara yang suatu organisasi dapat mencapai tujuan
yang telah ditetapkan.
- Menurut Kertahadi (2007)
Sistem informasi adalah alat untuk
menyajikan informasi sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi penerimanya.
Tujuannya adalah untuk memberikan informasi dalam perencanaan, memulai,
pengorganisasian, operasional sebuah perusahaan yang melayani sinergi
organisasi dalam proses mengendalikan pengambilan keputusan.
Pengertian Manajemen Layanan Sistem
Informasi
Manajemen Layanan Sistem Informasi atau IT Service
Management (ITSM) adalah istilah umum untuk menggambarkan pendekatan untuk
merancang, menghasilkan, mengelola dan meningkatkan penggunaan teknologi
informasi yang digunakan dalam perusahaan. Tujuannya adalah untuk memastikan
bahwa semua proses, sumber daya manusia dan teknologi berada pada
tempat/berjalan dengan benar sehingga organisasi dapat mencapai tujuan
bisnisnya.
Metode yang digunakan Manajemen
Layanan Sistem Informasi
1.
Total Quality Management (TQM)
TQM adalah strategi manajemen yang
ditunjukan untuk menanamkan kesadaran kualitas pada semua proses dalam
organisasi.
2.
Six Sigma
Six Sigma adalah suatu alat
manajemen baru yang digunakan untuk mengganti Total Quality Management (TQM),
sangat terfokus terhadap pengendalian kualitas dengan mendalami system produksi
perusahaan secara keseluruhan. Memiliki tujuan untuk menghilangkan cacat
produksi, memangkas waktu pembuatan produk, dan menghilangkan biaya.
3.
Bisiness Process Management (BPM)
BPM adalah suatu metode penyelarasan
secara efisien suatu organisasi dengan keinginan dan kebutuhan organisasi
tersebut. BPM merupakan suatu pendekatan manajemen holistic untuk meningkatkan
efektivitas dan efisiensi bisnis seiring upaya untuk mencapai inovasi,
flesibilitas dan integrase dengan teknologi.
4.
Capability Maturity Model
Integration (CMMI)
CMMI adalah suatu pendekatan
perbaikan proses yang memberikan unsur-unsur penting proses efektif bagi
organisasi. Praktik-praktik terbaik CMMI dipublikasikan dalam dokumen-dokumen
yang disebut model, yang masing-masing ditunjukan untuk berbagai bidang yang
berbeda.
Kerangka Kerja (Framework) Manajemen
Layanan Sistem Informasi
1.
Information
Technology Infrastructure Library (ITIL)
ITIL atau Information Technology
Infrastructure Library adalah suatu rangkaian dengan konsep dan teknik
pengelolaan infrakstruktur, pengembangan, serta operaso teknologi informasi
(TI). ITIL diterbitkan dalam suatu rangkaian buku yang masing-masing membahas
suatu topik pengelolaan (TI). Nama ITIL dan TI Infrastruktur Library merupakan
merek dagang terdaftar dari Office of Government Commerce (OGC) Britania Raya.
2.
Control
Objectives for Information and Related Technology
(COBIT)
COBIT merupakan audit system informasi
dan dasar pengendalian yang dibuat oleh Information
System Audit and Control Association (ISACA) dan IT Governance Institute (ITGI) pada tahun 1992.
3. Software Maintenance Maturity Model
4. PRM_IT IBM’s Process Reference Model
for IT
5. Application Services Library (ASL)
Aplikasi Layanan Perpustakaan (ASL)
adalah kerangka kerja domain public dari praktik terbaik yang digunakan untuk
standarisasi proses dalam Aplikasi Manajemen, disiplin memproduksi dan
memelihara sistem informasi dan aplikasi. Istilah “perpustakaan” digunakan
karena ASL disajikan sebagai satu set buku yang menggambarkan praktek-praktek
terbaik dari industri TI. Hal ini dijelaskan dalam beberapa buku dan artikel
(banyak dari mereka hanya tersedia dalam Bahasa Belanda) dan di situs resmi ASL
BiSL Foundation.
6.
Business
Information Services Library (BISL)
BiSL adalah standar domain publik
sejak tahun 2005, diatur oleh Lembaga ASL BiSL (sebelumnya Lembaga ASL).
Kerangka kerja ini menggambarkan standar untuk proses dalam manajemen informasi
bisnis di strategi, manajemen dan operasi tingkat. BiSL berkaitan erat dengan
ITIL dan ASL kerangka, namun perbedaan utama antara kerangka kerja ini adalah
bahwa ITIL dan ASL focus pada pasokan sisi informasi (tujuan organisasi TI),
sedangkan BiSL berfokus pada sisi permintaan (yang timbul dari organisasi
pengguna akhir).
7.
Microsoft
Operations Framework (MOF)
Microsoft Operation Framework (MOF) 4.0
adalah serangkaian panduan yang bertujuan membantu teknologi informasi (TI) professional
menetapkan dan menerapkan layanan yang handal dan hemat biaya.
1. eSourcing Capability Model for
Service Providers (eSCM-SP) dan eSourcing Capability Model for Client Organizations (eSCM-CL) dari ITSqc for Sourcing Management
eSourcing Capability Model for
Service Providers (eSCM-SP) adalah suatu kerangka kerja yang dikembangkan oleh
ITSqc di Carnegie Mellon University. eSCM-SP adalah “praktek terbaik” model
kemampuan dengan tiga tujuan :
Ø
Untuk
memberikan penyedia layanan bimbingan yang akan membantu mereka meningkatkan
kemampuan mereka di seluruh sourcing siklus hidup
Ø
Untuk
menyediakan klien dengan cara yang obyektif mengevaluasi kemampuan penyedia
layanan
Ø
Untuk
menawarkan penyedia layanan standar untuk digunakan saat membedakan diri dari
pesaing.
Kesimpulan
Menurut
saya, Manajemen Layanan Sistem Informasi adalah suatu proses yang berfungsi
sebagai pelayanan kepada konsumen terhadap sistem yang berjalan sehingga
konsumen bisa memenuhi kebutuhan yang belum terpenuhi, mengeluhkan pelayanan
yang tidak memuaskan, mendapat pelayanan dengan baik, dan sistem yang berjalan
bisa mendapatkan masukan atau nilai dari para konsumen.
Sumber :
ü https://carapedia.com/pengertian_definisi_layanan_info2148.html (di akses
pada 18 Maret 2018 jam 13.16)
ü https://dosenit.com/kuliah-it/sistem-informasi/pengertian-sistem-informasi-menurut-para-ahli
(di akses pada 18 Maret 2018 jam
13.23)
ü https://ariefkendyblog.wordpress.com/2017/04/28/definisi-framework-manajemen-layanan-sistem-informasi/
(di akses pada 18 Maret 2018 jam
13.26)
ü http://choiimam.blogspot.co.id/2016/03/manajemen-layanan-sistem-informasi_27.html (di akses
pada 18 Maret 2018 jam 13.34)
Sangat menambah wawasan artikel nya thx,,
BalasHapus