Teknologi informasi dan sistem informasi telah banyak
digunakan untuk mendukung proses bisnis yang terjadi pada perusahaan, baik bidang
ekonomi maupun perbankan. Dengan hadirnya aplikasi-aplikasi dan layanan e-business,
e-commerce, e-banking dan lain-lain. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya
menyebabkan setiap perilaku bisnis merasa perlu menerapkan teknologi informasi
dalam lingkungan kerja.
Pengertian Bisnis
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa
kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara etimologi,
bisnis berarti keadaan di mana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan
pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Dalam ekonomi kapitalis, di mana
kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan
profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari
sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang
mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan, misalnya bisnis
koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi
pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Pengertian Sistem
Informasi
Sistem informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi
dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi untuk mendukung operasi dan
manajemen. Dalam arti yang sangat luas, sistem informasi merujuk pada interaksi
antara orang, proses algoritmatik, data, dan teknologi. Sistem informasi membantu untuk mengontrol kinerja proses
bisnis.
Pengertian Teknologi
Informasi
Teknologi informasi adalah istilah umum untuk teknologi yang
membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan, dan
menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan
tinggi untuk data, suara, dan video.
Teknologi Informasi
dalam Dunia Bisnis
Salah satu bukti nyata tentang kemajuan teknologi sangat
terasa di bidang teknologi informasi. Berikut ini adalah beberapa kegunaan
teknologi informasi dalam bidang bisnis
:
Ø
E-Business
E-Business dapat diartikan sebagai kegiatan
bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan
sistem informasi komputer. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk
berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih
efisien dan fleksibel, juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan supplier dan
mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan
pelanggan secara lebih baik.
Ø
E-Banking
E-Banking adalah aktivitas perbankan yang
dijalankan melalui media elektronik, seperti ATM. Sedangkan yang menggunakan
mobile device seperti via HP dikenal dengan m-banking yang termasuk jenis
e-banking juga. E-banking didefinisikan sebagai penghantaran otomatis jasa dan
produk bank secara langsung kepada nasabah malalui elektronik, saluran
komunikasi interaktif yang meliputi sistem yang memungkinkan nasabah bank, baik
individu maupun bisnis. Nasabah bisa mengakses rekening, melakukan transaksi
bisnis, atau mendapatkan informasi produk dan jasa bank melalui jaringan
pribadi atau publik, termasuk internet. Untuk mengakses e-banking, nasabah bisa
melalui piranti pintar elektronik seperti komputer, PDA, ATM atau telepon.
Ø
E-Commerce
E-Commerce adalah penyebaran, pembelian,
penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti
internet, televisi, website, atau jaringan komputer lainnya. Dengan menggunakan
e-commerce bisa melakukan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik,
sistem manajemen inventor otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Industri
teknologi informasi melihat kegiatan e-commerce sebagai aplikasi dan penerapan
dari e-business yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti transfer dana
secara elektronik, SCM (Supply Chain Management), e-marketing atau pemasaran
secara online, pemrosesan transaksi secara online, pertukaran data elektronik
(electronic data interchange / EDI).
Ø
L-Commerce
L-Commerce adalah sistem perdagangan elektronik yang
menekankan pada pencarian informasi yang dihasilkan oleh peralatan GPS dan
satelit. Salah satu contoh yang dijumpai
adalah sistem penelusuran paket pengiriman barang yang dikirim lewat perusahaan
UPS atau Federal Express di Amerika Serikat. Saat ini L-Commerce juga sudah
mulai dipakai untuk melihat waktu kedatangan bis kota secara tepat di suatu
halte bis tertentu. Di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa,
teknologi informasi akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik
maupun incidental dan menyediakan banyak informasi dengan cepat dan tepat.
Manfaat TI dan Si dalam bidang bisnis
·
Memperluas pasar bisnis
Dengan adanya kemajuan teknologi dan
informasi, para pelaku bisnis dapat memantau beberapa daerah yang berpeluang
tinggi dan bisa dijadikan lahan untuk meraup keuntungan.
·
Mengurangi biaya produksi dan operasional
Dengan kemajuan teknologi perusahaan bisa
menghemat biaya produksi dan operasional. Hal tersebut bisa terlihat dari
setiap perusahaan yang menggunakan mesin dalam melakukan pekerjaan. Dengan adanya
mesin tersebut, untuk memproduksi barang tidak memerlukan banyak karyawan.
·
Mempermudah proses komunikasi dan monitoring
setiap karyawan
Bagi banyak perusahaan, email adalah sarana
utama komunikasi antara karyawan, pemasok dan pelanggan. Penggunaan email
sangat mudah dan relative jauh lebih murah jika dibandingkan dengan faksimile untuk
berkomunikasi. Untuk proses komunikasi antar karyawan, setiap karyawan tidak
perlu repot-repot datang ke ruang rapat dan berkumpul bersama. Karyawan bisa
melakukan teleconference untuk saling berkomunikasi mengenai beberapa ide. Hal ini
membuat rapat menjadi lebih praktis. Selain itu, hal tersebut juga bisa
digunakan untuk mengawasi kinerja para karyawan. Pemimpin perusahaan bisa tetap
mengawasi kinerja karyawan dalam perusahaan dengan memakai beberapa metode
seperti metode komunikasi dengan manager dari perusahaan. Sejumlah alat
komunikasi lainnya juga semakin berkembang sehingga memungkinkan para staf
untuk saling berkomunikasi dengan menggunakan sistem chat, alat pertemuan
online dengan sistem konferensi video seperti webinar, voice over internet
protocol (VOIP) dan masih banyak lagi.
·
Manajemen data
Jika pada zaman dulu lemari arsip yang
berisikan dokumen-dokumen perusahaan sangat penting, sekarang sudah tidak
terlalu dibutukan lagi. Beberapa perusahaan menyimpan dokumen dengan versi
digital pada server, perangkat penyimpanan maupun database. Dokumen-dokumen
bisa diakses oleh perusahaan dari lokasi geografis yang berbeda tanpa perlu
datang langsung ke lokasi penyimpanan dokumen. Perusahaan juga bisa menyimpan
dan memelihara sejumlah besar data historis secara ekonomis, dan karyawan dapat
mengakses langsung dokumen yang dibutuhkan.
·
Aktifitas bisnis selama 24 jam
Jika toko offline memiliki batas waktu untuk melakukan
aktivitas jual-beli, dengan adanya teknologi informasi bisa melakukannya aktivitas
jual-beli secara online selama 24 jam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar