Minggu, 25 November 2018

Trend Sistem Informasi & Teknologi Infomasi dalam Bidang Bisnis

Di zaman ini teknologi sudah semakin canggih. Dengan hadirnya teknologi di berbagai bidang bisa digunakan untuk meringankan kerja manusia. Salah satu bidang yang menggunakan teknologi adalah bidang bisnis. Hampir dari seluruh perusahaan baik skala besar maupun kecil menggunakan teknologi untuk memberikan peningkatan terhadap layanan bisnis yang mereka kelola.
Teknologi informasi dan sistem informasi telah banyak digunakan untuk mendukung proses bisnis yang terjadi pada perusahaan, baik bidang ekonomi maupun perbankan. Dengan hadirnya aplikasi-aplikasi dan layanan e-business, e-commerce, e-banking dan lain-lain. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap perilaku bisnis merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja.

Pengertian Bisnis
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara etimologi, bisnis berarti keadaan di mana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Dalam ekonomi kapitalis, di mana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. 

Pengertian Sistem Informasi
Sistem informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, sistem informasi merujuk pada interaksi antara orang, proses algoritmatik, data, dan teknologi. Sistem informasi  membantu untuk mengontrol kinerja proses bisnis. 

Pengertian Teknologi Informasi
Teknologi informasi adalah istilah umum untuk teknologi yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan, dan menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video.

Teknologi Informasi dalam Dunia Bisnis
Salah satu bukti nyata tentang kemajuan teknologi sangat terasa di bidang teknologi informasi. Berikut ini adalah beberapa kegunaan teknologi informasi dalam bidang bisnis  :
Ø  E-Business
E-Business dapat diartikan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan sistem informasi komputer. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel, juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan supplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.

Ø  E-Banking
E-Banking adalah aktivitas perbankan yang dijalankan melalui media elektronik, seperti ATM. Sedangkan yang menggunakan mobile device seperti via HP dikenal dengan m-banking yang termasuk jenis e-banking juga. E-banking didefinisikan sebagai penghantaran otomatis jasa dan produk bank secara langsung kepada nasabah malalui elektronik, saluran komunikasi interaktif yang meliputi sistem yang memungkinkan nasabah bank, baik individu maupun bisnis. Nasabah bisa mengakses rekening, melakukan transaksi bisnis, atau mendapatkan informasi produk dan jasa bank melalui jaringan pribadi atau publik, termasuk internet. Untuk mengakses e-banking, nasabah bisa melalui piranti pintar elektronik seperti komputer, PDA, ATM atau telepon.

Ø  E-Commerce
E-Commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet, televisi, website, atau jaringan komputer lainnya. Dengan menggunakan e-commerce bisa melakukan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventor otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-commerce sebagai aplikasi dan penerapan dari e-business yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti transfer dana secara elektronik, SCM (Supply Chain Management), e-marketing atau pemasaran secara online, pemrosesan transaksi secara online, pertukaran data elektronik (electronic data interchange / EDI).

Ø  L-Commerce
L-Commerce adalah sistem perdagangan elektronik yang menekankan pada pencarian informasi yang dihasilkan oleh peralatan GPS dan satelit.  Salah satu contoh yang dijumpai adalah sistem penelusuran paket pengiriman barang yang dikirim lewat perusahaan UPS atau Federal Express di Amerika Serikat. Saat ini L-Commerce juga sudah mulai dipakai untuk melihat waktu kedatangan bis kota secara tepat di suatu halte bis tertentu. Di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa, teknologi informasi akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik maupun incidental dan menyediakan banyak informasi dengan cepat dan tepat.

Manfaat TI dan Si dalam bidang bisnis
·         Memperluas pasar bisnis
Dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi, para pelaku bisnis dapat memantau beberapa daerah yang berpeluang tinggi dan bisa dijadikan lahan untuk meraup keuntungan.

·         Mengurangi biaya produksi dan operasional
Dengan kemajuan teknologi perusahaan bisa menghemat biaya produksi dan operasional. Hal tersebut bisa terlihat dari setiap perusahaan yang menggunakan mesin dalam melakukan pekerjaan. Dengan adanya mesin tersebut, untuk memproduksi barang tidak memerlukan banyak karyawan.

·         Mempermudah proses komunikasi dan monitoring setiap karyawan
Bagi banyak perusahaan, email adalah sarana utama komunikasi antara karyawan, pemasok dan pelanggan. Penggunaan email sangat mudah dan relative jauh lebih murah jika dibandingkan dengan faksimile untuk berkomunikasi. Untuk proses komunikasi antar karyawan, setiap karyawan tidak perlu repot-repot datang ke ruang rapat dan berkumpul bersama. Karyawan bisa melakukan teleconference untuk saling berkomunikasi mengenai beberapa ide. Hal ini membuat rapat menjadi lebih praktis. Selain itu, hal tersebut juga bisa digunakan untuk mengawasi kinerja para karyawan. Pemimpin perusahaan bisa tetap mengawasi kinerja karyawan dalam perusahaan dengan memakai beberapa metode seperti metode komunikasi dengan manager dari perusahaan. Sejumlah alat komunikasi lainnya juga semakin berkembang sehingga memungkinkan para staf untuk saling berkomunikasi dengan menggunakan sistem chat, alat pertemuan online dengan sistem konferensi video seperti webinar, voice over internet protocol (VOIP) dan masih banyak lagi.

·         Manajemen data
Jika pada zaman dulu lemari arsip yang berisikan dokumen-dokumen perusahaan sangat penting, sekarang sudah tidak terlalu dibutukan lagi. Beberapa perusahaan menyimpan dokumen dengan versi digital pada server, perangkat penyimpanan maupun database. Dokumen-dokumen bisa diakses oleh perusahaan dari lokasi geografis yang berbeda tanpa perlu datang langsung ke lokasi penyimpanan dokumen. Perusahaan juga bisa menyimpan dan memelihara sejumlah besar data historis secara ekonomis, dan karyawan dapat mengakses langsung dokumen yang dibutuhkan.

·         Aktifitas bisnis selama 24 jam
Jika toko offline memiliki batas waktu untuk melakukan aktivitas jual-beli, dengan adanya teknologi informasi bisa melakukannya aktivitas jual-beli secara online selama 24 jam.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar